Sunday 2 July 2017

Mcx Moving Average


Lima skema reksa dana yang telah kembali rata-rata 20 setiap tahun. Bagi investor yang ingin tetap berinvestasi dalam saham selama 20 tahun ke depan, penting untuk menemukan skema reksa dana dengan track record. ET mengidentifikasi lima skema MF yang telah ada selama 20 tahun terakhir dan telah mengembalikan rata-rata 20 setiap tahun Reliance Growth Fund Fund Manager: Sunil Singhania Terutama dana midcap dengan beberapa eksposur terhadap saham cap besar, dana tersebut menjadi favorit Investor selama periode banteng 2003-2007, dimana aset kelolaannya melonjak cepat. Meskipun manajer dana tersebut dengan cepat bergerak ke kas selama pasar saham mengalami kecelakaan pada 2008-2009, dia terlambat menerapkannya kembali saat pasar pulih. Hal ini menyebabkan kinerja kurang dalam periode tersebut. Investor dengan risk appetite yang lebih tinggi yang berani bertaruh pada midcaps dapat mengambil eksposur terhadap dana ini, kata manajer kekayaan. Franklin India Blue Chip Fund Skema yang bagus untuk investor pemula dalam reksa dana saham, analis merekomendasikannya untuk konsistensi dan kualitas pengambilan sahamnya. Selama dua dekade terakhir, dana tersebut berhasil mempertahankan filosofinya untuk tetap berpegang pada bluechips dengan neraca yang sehat, dan telah berhasil menjauh dari sektor momentum atau saham. Akibatnya, skema ini cenderung berkinerja buruk dalam demonstrasi yang didorong oleh momentum dalam jangka pendek, namun akhirnya berhasil bertahan dalam jangka panjang. Manajer Dana: Prashant Jain Dengan sekitar Rs 18.000 crore dalam aset, ini adalah skema ekuitas reksa dana terbesar di negara ini. Produk ini merupakan salah satu yang langka untuk memiliki pengelola dana yang sama selama 20 tahun terakhir. Itu juga mungkin salah satu nilai jual terbesar dari dana ini. Jain dipercaya oleh manajer kekayaan karena keyakinannya yang kuat, yang diketahui dapat dimainkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tapi, kinerja under-performance jangka pendeknya telah membuat frustrasi banyak investor baru. Beberapa telah menimbulkan kekhawatiran bahwa dana tersebut telah kehilangan kelincahannya karena ukurannya. Perencana keuangan merekomendasikan dana ini hanya kepada investor dengan cakrawala investasi 5 tahun ke atas dan mereka yang memiliki risk appetite yang lebih tinggi. Manajer Dana Dana Keunggulan Birla Sun Life Advantage: Satyabrata Mohanty Dana multicap, telah mengalami banyak pasang surut. Dana tersebut mengalami fase volatile karena tingginya eksposur terhadap beberapa saham dan sektor pada tahap awalnya. Ini dilakukan dengan baik di tahun 1999, dipimpin oleh keuntungan di bidang IT, farmasi dan FMCG. Namun, paparan 65 teknologi yang tinggi menyebabkan keuntungannya terhapus kemudian. Mohanty mengklaim telah melakukan reorientasi fokus untuk sekarang memposisikan diri dari perubahan siklus bisnis dan percaya dalam mengidentifikasi saham pertumbuhan. Skema ini direkomendasikan bagi pengambil risiko tinggi, ingin naik siklus pemulihan ekonomi. Manajer Dana Primer Franklin India Prima: R Janakiraman Dana ini adalah salah satu pemain yang paling konsisten di ruang mid dan smallcap. Investasi mid-and small-cap biasanya dianggap berisiko tapi skema ini berhasil menghindari fluktuasi yang tajam dalam kinerjanya, pada umumnya. Manajer dana kadang-kadang menambahkan beberapa saham unggulan, yang bisa menjadi sekitar 10-15 dari ukuran portofolio untuk menurunkan profil risiko. Meskipun bukan dana berkinerja terbaik, meskipun rata-rata kategori rata-rata dan tetap berada di peringkat teratas dari midcap funds. Dana tersebut diketahui telah mengidentifikasi pemenang saham seperti Torrent Pharma, Finolex Cables dan Amara Raja Batteries dalam tiga tahun terakhir. Tetap di atas berita bisnis dengan The Economic Times App. Download itu NowNote: Charts doesn8217t mendukung Internet Explorer. Yang lebih baik bekerja dengan Mozilla Firexfox, Google Chrome, Opera, Safari, Operamini, Browser Android. Jika Anda masih menghadapi masalah dengan pemuatan grafik coba bersihkan tembolok dan periksa. Supertrend adalah strategi Trading Trailer Stoploss berbasis ATR. Supertrend adalah trend yang mengikuti strategi bagi trader sistem yang menghasilkan uang di pasar yang sedang tren dan kerugian di pasar sideways. Pelajari lebih lanjut tentang Supertrend di sini Green Up Arrow mewakili Sinyal Beli Panah Merah Bawah mewakili Sinyal Jual Garis Hijau mewakili Trailing stop for Longs pada penutupan candle (bukan intraday stoploss) Red Line Merupakan Trailing Stop untuk short di tutup candle (bukan stoploss intraday ) Filter. 200 EMA (garis kuning) bertindak sebagai filter supertrend untuk menghilangkan sebagian suara dalam sinyal perdagangan Fitur 1) Sinyal Non Repainting berarti Sinyal Beli dan Jual diputuskan berdasarkan penutupan lilin. 2) Waktu tersisa fitur ditambahkan untuk melacak berapa detik tersisa untuk lilin untuk menutup. 3) Dasbor Multitimeframe melacak Sinyal Supertrend melintasi rentang waktu yang berbeda. 4) Sentimental Dashboard yang melacak sentimen di pasaran. Untuk lebih jelasnya tentang cara menggunakan info tentang tampilan sentimen pasar di bawah ini. 5) Itrend Ribbons (Red and Green Band) di bawah candlestick charts. Dasbor Multitimeframe melacak Sinyal Perdagangan (Laporan PL, Peluncuran Berhenti, Saat Sinyal Tiba, Berapa harga Sinyal yang Tiba) pada rentang waktu yang berbeda 5min, 15min dan 60menit. Grafik di atas menunjukkan sinyal supertrend hanya 5 menit. Namun, pengunjung reguler kami meminta untuk mengetahui apa yang terjadi pada kerangka waktu lainnya yang mengarah ke dasbor multitimeframe. Jika Anda pengguna amibroker dan ingin strategi ini ada di mesin Anda, unduh kode AFL untuk Dasbor Multertimeframe Supertrend di sini. Supertrend adalah konsep trading sistem berbasis longshort. Namun dengan mengenalkan supertrend dengan filter 200EMA kita bisa menyaring beberapa noise yang tidak diinginkan di sistem. Jika Anda ingin belajar bagaimana menukar supertrend dengan 200 filter EMA, pergilah ke video di sini Beli jika suptrend membeli sinyal terus dan lilin di atas 200 EMA Exit Buy jika supertrend menunjukkan sinyal keluar Pendek jika suptrend sell signal terus berlanjut dan candle di bawah 200 EMA (Red Panah) Keluar Pendek jika supertrend menunjukkan sinyal keluar Dashboard Sentimental ditambahkan di bagian live charting kami (Sinyal NSESignals dan MCX) untuk mengukur kekuatan di pasar. Dashboard sentimental menunjukkan 8 nilai historis untuk Multiple Timeframes seperti 15min, Hourly dan Daily). Dan bacaannya berkisar antara 0-100. Meteran paling kanan menunjukkan nilai terbaru. Meningkatnya pembacaan mengindikasikan kemungkinan pergerakan pasar dalam uptrend dan penurunan nilai mengindikasikan kemungkinan downtrend. Orang bisa mengadopsi 15 menit untuk menangkap pergerakan jangka pendek yang sangat pendek di pasar (intraday jangka pendek terutama untuk posisi memegang antara 15min 2 jam). Namun sentimental 60 menit akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang tren setiap hari (ini bagi trader yang memegang posisi mereka dimana saja mulai dari 1 jam 8 jam). Dan Daily Sentimental Meter akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang posisi carry forwarding keesokan harinya. Dasbor sentimental ini lebih masuk akal bagi pedagang bebas yang ingin memasuki tren paling awal dan mendekati lebih dekat namun tidak menguntungkan bagi Trader Sistem. Berapa Jangka Waktu yang Ditunjukkan dalam Bagan di Atas Ini adalah grafik 5 menit dan perbarui setiap 5 menit dengan data historis yang terbatas. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Diagram Interaktif gratis atau berlangganan layanan platform perdagangan premium untuk mendapatkan kontrol yang lebih besar terhadap grafik, kerangka waktu kustom, Indikator khusus dan dukungan pelanggan profesional. Apakah Supertrend a Intraday Trading Strategy No Supertrend adalah strategi carry forward dan bukan strategi trading intraday. Jika Anda trading supertrend maka Anda harus meneruskan posisi Anda setiap hari, setiap minggu. Bagaimana pemain Intraday dapat memanfaatkan strategi ini Dashboard sentimental membantu orang-orang dalam Keputusan Perdagangan tentang bagaimana memainkan tren intraday. Apa itu Rasio Menang Strategi Perdagangan di Masa Lalu Dari data historis terakhir, rasio kemenangan berkisar antara 38-44 dalam jangka panjang untuk instrumen perdagangan yang berbeda setelah pialang, selip dan pajak lainnya. Namun jika Anda berencana untuk menukar strategi ini strategi backtest dari akhir Anda untuk memahami sifat dari sistem perdagangan. Berapakah kerugian terus menerus secara kontinyu yang dapat dihasilkan sistem perdagangan Sejak tahun 2010 setelah melakukan backtesting di Nifty Futures (data 5min) dapat disimpulkan bahwa sampai saat ini 8-10 kerugian berturut-turut dimungkinkan dan dan mungkin berbeda untuk jangka waktu yang berbeda dan instrumen perdagangan yang berbeda. Cara Memasukkan dan Keluar Entri harus didasarkan pada selesainya penutupan 5min Bar Candle. Perdagangan harus dilaksanakan dengan 5 detik setelah lilin 5min selesai. Perdagangan tidak boleh dilakukan sebelum selesainya bar 5min. Dapatkah saya melakukan trading dengan menggunakan grafik Buy atau Sell live Bagan yang ditampilkan di marketcalls adalah mempelajari sifat sistem perdagangan untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang sistem perdagangan. Jika Anda berdagang berdasarkan sinyal beli dan jual ini maka lakukanlah dengan resiko Anda sendiri. Marketcalls tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi. Cara Trading menggunakan Dasbor Multitimeframe Dasbor multitimeframe ditunjukkan di sini untuk mengamati apa yang terjadi dalam rentang waktu lainnya. Namun Supertrend bukanlah strategi multitimeframe dan kerangka waktu yang lebih tinggi seringkali melibatkan risiko yang lebih tinggi. Yang lebih baik untuk tetap dengan jangka waktu 5 menit untuk pengendalian risiko yang lebih baik dalam jangka panjang. Cara Memproduksi Pita Hijau dan Biru yang ditunjukkan di bawah grafik Pita Hijau dan Merah disebut sebagai iTrend Ribbons. ITrend Ribbon hanyalah filter tambahan untuk menghindari whipsaws dalam perdagangan kita. Penafian. Grafik yang ditunjukkan di sini adalah murni untuk tujuan pendidikan untuk mempelajari perilaku pasar dengan indikator SuperTrend. Sinyal Beli dan Jual tidak dimaksudkan disini untuk mengambil real trading. Jika Anda berdagang berdasarkan sinyal beli dan jual ini maka lakukanlah dengan resiko Anda sendiri. Marketcalls tidak bertanggung jawab atas keakuratan data maupun kerugian yang terjadi. Diperlukan Penolakan Pemerintah AS Aturan CTFC 4.41 Perdagangan berjangka mengandung risiko substansial dan tidak sesuai untuk setiap investor. Seorang investor berpotensi kehilangan semua atau lebih dari investasi awal. Modal berisiko adalah uang yang bisa hilang tanpa membahayakan keamanan finansial atau gaya hidup. Hanya mempertimbangkan modal risiko yang harus digunakan untuk trading dan hanya mereka yang memiliki modal risiko yang cukup harus mempertimbangkan trading. Kinerja masa lalu tidak selalu menunjukkan hasil di masa depan. ATURAN CTFC 4.41 HASIL KINERJA HIPOTHETIK ATAU SIMULASI MEMILIKI BATASAN TERTENTU. MELIHAT KINERJA KINERJA SEBENARNYA, HASIL YANG SIMULASI JANGAN MENYATAKAN PERDAGANGAN YANG BENAR. JUGA, SEJAK TRADES TIDAK DIPERLUKAN, HASIL YANG DAPAT MEMILIKI BAWAH ATAU KOMPENSASI UNTUK DAMPAK, JIKA ADA, FAKTOR-FAKTOR PASAR TERTENTU SEPERTI LIKUIDITAS. PROGRAM PERDAGANGAN SIMULASI DALAM UMUM JUGA TERTARIK FAKTA BAHWA MEREKA DITANDATANGANI DENGAN MANFAAT HINDSIGHT. TIDAK ADA REPRESENTASI YANG DIBUAT BAHWA SETIAP AKUN AKAN ATAU CUKUP UNTUK MENCAPAI KEUNTUNGAN ATAU KERUGIAN YANG SESUAI DENGAN MEREKA YANG DIMILIKI. Semua perdagangan, pola, grafik, sistem, dll yang dibahas di situs ini atau iklan hanya untuk tujuan ilustrasi dan tidak ditafsirkan sebagai rekomendasi penasihat khusus. Semua gagasan dan materi yang disajikan di sini adalah untuk informasi dan tujuan pendidikan saja. Tidak ada metodologi sistem atau perdagangan yang pernah dikembangkan yang dapat menjamin keuntungan atau mencegah kerugian. Testimoni dan contoh yang digunakan di sini adalah hasil yang luar biasa yang tidak berlaku untuk orang biasa dan tidak dimaksudkan untuk mewakili atau menjamin bahwa setiap orang akan mencapai hasil yang sama atau serupa. Perdagangan yang ditempatkan pada ketergantungan sistem Metode Trend diambil atas risiko Anda sendiri untuk akun Anda sendiri. Ini bukan tawaran untuk membeli atau menjual bunga berjangka. Hak Cipta 2015 Marketcalls Jasa Keuangan Pvt Ltd middot Semua Hak Dilindungi Middot Dan Peta Situs Kami middot Semua Logos amp Merek Dagang Milik Masing-masing Kepemilikan mereka Data dan informasi disediakan hanya untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan untuk tujuan perdagangan. Baik situs marketcalls. in maupun promotornya tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau keterlambatan dalam konten, atau untuk tindakan yang dilakukan dalam ketergantungan di dalamnya. Salah satu dari kami dapat memeriksa informasi versi perangkat keras terbaru (SINI). Untuk Harga Diskon Terbaru pada peralatan GPS klik (SINI). Semua tangkapan layar Garmin adalah milik Ron Henderson dan G7ToWin-nya. APA YANG DILAKUKAN RECEIVER GPS Penerima GPS (GPSR) adalah penerima sinyal radio dan tidak mengirimkan apapun ke mana saja. GPSR menyediakan, sebagai fungsi utamanya, kemampuan untuk menemukan POSISI LANCAR Anda di manapun di planet ini. Biasanya, ini bisa melakukan ini dengan akurasi mungkin 6 sampai 8 meter dengan 95 kepastian tergantung pada penghalang ke langit. Beberapa model juga memiliki peta built in (atau upload) agar Anda dapat melihat layar GPSrs pada posisi Anda saat ini. Model yang dipilih juga akan menerima koreksi WAAS, menghasilkan ketepatan 3 sampai 4m 95 dari waktu seperti yang ditunjukkan (SINI), DISEDIAKAN Anda berada dalam keadaan jelas. WAAS lebih rentan terhadap tutupan pohon daripada non WAAS. HARAP DICATAT: Agar GPS terkunci, ia harus menerima pesan navigasi COMPLETE yang membutuhkan waktu 30 detik untuk mentransmisikan dari setiap satelit. Jika Anda bergerak, penyumbatan sekecil apapun dari dahan pohon atau pantulan dari sebuah bangunan akan mencegah penerimaan sempurna, jadi siklus 30 detik berulang-ulang dan berakhir. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menahan unit dengan sempurna sehingga sinyal ke unit tidak berkedip dan merusak penerimaan. Setelah terkunci dan berjalan, ada banyak redundansi sinyal, unit akan tetap terkunci meski dengan penerimaan sinyal parsial. Jadi, kunci dulu, dan lanjutkan perjalanan PETA: Umumnya, keadaan seni dalam pembuatan peta, dengan peta NavTeq (digunakan oleh GArmin) dan TeleAtlas saat ini (yang digunakan oleh TomTom), sedemikian rupa sehingga posisi Anda di peta akan menjadi cukup akurat. Namun beberapa peta didasarkan pada peta Biro Sensus AS TIGER (seperti Garmins old Roads and Recreation dan Garmin Topo AS 2008 yang lebih baru) yang memiliki kesalahan puluhan atau ratusan kaki. Beberapa peta (seperti peta dunia atau peta basis dibangun memiliki kesalahan yang lebih besar). Peta terus ditingkatkan, namun dunia merupakan tempat yang besar dan jumlah pembuat peta yang berupaya memperbaiki peta konsumen kecil. Beberapa (kebanyakan tipe pemetaan) GPSR memiliki kemampuan untuk menemukan lokasi seperti: POI (Points of interest) seperti restoran, rumah sakit, mal, pasar, fasilitas polisi, hotel, garasi, bank, dan tempat lainnya, alamat jalan tunggal, Persimpangan jalan, kota, lokasi waypoint dan sejenisnya. Kemampuan ini sangat bervariasi dan Anda harus meneliti apa yang Anda inginkan SEBELUM Anda membeli sebuah unit. GPSR yang dilengkapi pemetaan ini biasanya tidak dilengkapi dengan data untuk mencari tempat yang lebih jelas seperti kuburan, kolam renang, dan sejumlah lainnya. Namun, jika Anda sudah TAHU longitudettoitude, katakanlah, sebuah kuburan, maka GPS bisa mengarahkan Anda untuk itu. Penerima GPS dan perangkat lunak peta terus mendapatkan lebih banyak fitur. Berikut ini adalah deskripsi perangkat keras dan perangkat lunak yang paling populer saat ini tersedia. Karena produk individual tidak berisi semua fitur yang ada, semoga review ini memungkinkan Anda menjadi pembeli yang lebih tepat informasi dan menggabungkan kombinasi produk yang diperlukan untuk mendapatkan fitur yang Anda butuhkan. Garmin Mobile-Navigation Receivers: Ringkasan fitur utama Dari jenis receiver ini: Generasi rute point-to-point dengan peta auto-routing MapSource. Present-Position ke titik rute tujuan rute otomatis di unit. Segmen rute jalur karet menempel pada lekukan jalan. Panduan rute dengan panah besar yang mengantisipasi belokan dan tikungan jalan. Beralih ke tampilan track-up saat mendekati belokan. Peta mengubah tingkat zoom saat mendekati rute belokan. Daftar pengguna POI atraksi, motel, restoran, dll dekat posisi saat ini. Tampilan Cross Street Otomatis Selanjutnya. Video invers otomatis saat matahari terbenam. Teks Status Mengemudi menjelaskan lokasi sekarang dan giliran yang akan datang. Peta dapat menemukan alamat jalan yang dipilih. Unit in-car baru Menyediakan Text-to Speech Tips Mengemudi Cerdas MAPS: Model ini hadir dengan peta pra-instal - biasanya City Navigator NT (Teknologi Baru, kompresi lanjutan). ROUTING: Dengan perutean otomatis, pengguna dapat memasukkan alamat atau titik arah tujuan dan unit akan menghitung rute dan memberikan petunjuk belokan demi belokan saat rute dinavigasi. GPS menyediakan kursor bergerak pada peta bergerak yang menunjukkan posisi Anda pada peta internal GPSR. Saat giliran mendekati, peta beralih ke tampilan track-up untuk membantu visualisasi giliran yang dibutuhkan. Dua pesan peringatan diucapkan sebelum giliran. Garmin nuumlvi 760780: Unit ini sangat mirip dengan 660680 unit (bawah), jadi hanya perbedaan signifikan yang akan dicatat di sini. FITUR BARU: Rekaman tracklog. Pemilahan otomatis beberapa tujuan untuk memberikan rute yang efisien. Empat fitur FM lainnya ditampilkan dalam versi 780 MSN Direct daripada yang ditampilkan di layar Sentimeter Kecepatan 680 untuk banyak jalan tol dan interstate. Antena internal yang lebih baru ditemukan di seri nuvi 200, bukan antena flip-out. Dimana saya fitur keamanan? Data saya untuk mengelola Favorit, Rute, dan Trek. Presentasi Fitur FM yang Disempurnakan di 780. Posisi Terakhir (saat dilepas dari gunung) Di mana fitur mobil saya. Garmin nuumlvi 660680: nuumlvi 660 adalah sekitar 760, periksa harga diskon terbaru (SINI). Ini memiliki sistem operasi dan mount yang mirip dengan StreetPilot c550. Namun layarnya lebih kecil (tapi lebih ringan) dengan layar diagonal 4,3 inci (480 x 272 piksel), dibandingkan dengan layar 3.550 piksel (320 x 240 piksel) dan layar 7200s 480 x 234. Ukuran layar ini tampaknya lebih ideal untuk GPS otomotif. Unit ini benar-benar layar sentuh hanya dengan tombol power. Tapi tombol ini juga akan memunculkan akses cepat ke menu VolumeBrightness atau tombol output audio ke menu Speaker FM TransmitterInternal. Kecerahan layar cukup memadai untuk menyalakan sinar matahari, namun speaker tidak begitu jelas seperti yang ada di c550. Mereka hadir dengan City Navigator NT untuk detail dan alamat jalan, ditambah daftar restoran terdekat, hotel, ATM, dan lain-lain di seluruh A. S. Kanada dan Puerto Riko dalam penyimpanan internal 1,87 GB. (Ada sekitar 570 MB yang tersisa untuk peta atau data lain.) Tetapi tanpa CD peta yang telah dimuat sebelumnya, seseorang tidak dapat mengelola Titik-Titik Waypoint dan Poin Pribadi mereka. Di Eropa, nuumlvi 660 hadir dengan cakupan peta jalan lengkap Western Europe yang rinci. Juga didukung data kartu SD. Unit ini memiliki receiver GPS sensitivitas SiRF Star III yang baru dan berisi baterai internal yang dapat diisi ulang. Menutup antena ke posisi yang tersimpan ternyata penerima GPS OFF dan kemudian cukup kecil untuk masuk ke dalam saku kemeja. Paket ini juga mencakup kombinasi GTM 20 FM-Traffic-receiver, kabel adaptor pemantik rokok. LAYANAN TRAFFIC FM: Ada dua layanan lalu lintas FM. TMC (Traffic Message Channel) dan MSN Direct. Paket 660 mencakup kombinasi kabel adaptor GTM 20, TMC-Traffic-receivercigarette-light. Paket 680 mencakup kombinasi GDB 50, kabel adaptor pemanggil penerima MSN Direct Receiver. Namun, 680 juga kompatibel dengan GTM 20 TMC-receiver. Perbedaan yang signifikan adalah sementara layanan lalu lintas TMC hanya menampilkan Traffic. Layanan MSN Direct (di 680) menampilkan Traffic, Weather, Gas Prices, Movie Times, dan (di 780) menambahkan display dari: News, Stocks, Local Events, dan Web Favorites (Send to GPS). Di daerah Atlanta, MSN Direct menggunakan lebih banyak stasiun pemantauan lalu lintas daripada TMC, menghasilkan tampilan perubahan kondisi lalu lintas yang lebih rinci. Sedangkan untuk realita, MSN Direct juga nampaknya lebih unggul. Meskipun Anda mendaftarkan unit-unit ini di kota tertentu, mereka bekerja di kota besar manapun yang memiliki layanan ini. Kami tahu mereka bekerja di Atlanta, Memphis, Nashville, Denver, dan San Francisco. Garmin StreetPilot c550: Portable ini (hanya 9,2 oz dibandingkan dengan GPSmap 76C di 8.3 oz) StreetPilot c550 sekitar 760 (atau sekitar 190 kurang dari StreetPilot 7200). Ini datang siap-pergi tepat di luar kotak dengan peta preloaded dan banyak pilihan. Unit ini memiliki baterai isi ulang internal dan menyediakan navigasi yang sama dan mudah digunakan seperti seri c300 dengan perangkat tambahan seperti teknologi panggilan nirkabel handsfree Bluetooth, penerima lalu lintas terpadu, dan pemutar MP3. Unit ini diuji dengan Software Ver. 4.10. Ini hanya memiliki tombol ONOFF dan kontrol volume roda jempol di sisi kanan. Baterai internal menghidupkan unit ini selama sekitar delapan jam dengan lampu latar pada suhu 50. Unit ini memiliki receiver GPS sensitivitas SIRF-III yang baru - memberikan waktu akuisisi lebih cepat dan mempertahankan sinyal di bawah dedaunan lebat dan gedung pencakar langit di dekat kota. Layarnya sangat tajam, 3 12 diagonal, bebas sinar matahari TFT. Layarnya lebih terang dari seri c300, dengan salah satu layar warna resolusi tertinggi (320x240) yang telah kami ulas. Mass Storage memiliki memori internal 1,94 GB dengan sisa sekitar 667 MB untuk data dan peta lainnya. Yang menarik unitnya adalah Ready to Navigate saat dinyalakan, seolah-olah receiver berjalan di latar belakang saat unit dimatikan. StreetPilot 7200 - Layar Sentuh Besar, XM Radio: Unit ini memiliki layar diagonal 7 inci yang sangat besar dan dirancang untuk bekerja dengan XM Radios XM NavTraffic untuk menampilkan informasi lalu lintas dan cuaca di peta. Layanan Radio XM harus dibeli: Layanan tahunan dasar adalah 142,45, layanan tahunan XM NavTraffic adalah 47,88, dan biaya aktivasi adalah 14,99 - dengan total 205,32 untuk tahun pertama jika dibayarkan setiap tahun. Unit ini dilengkapi dengan peta jalan di seluruh Amerika Serikat, Kanada, dan Puerto Riko. Satu-satunya perbedaan antara 7200 dan 7500 adalah bahwa 7500 memiliki gyro untuk perhitungan mati dan dapat memberikan informasi panduan saat kunci satelit hilang. Radio XM juga akan menyediakan harga saham real-time dan 160 saluran musik dan berita. Satu-satunya tombol pada 7200 adalah tombol power. Semua fitur lainnya diakses melalui layar sentuh atau menggunakan remote IR. Fitur baru yang bagus adalah unit tersebut akan mengucapkan nama perutean otomatis yang berbelok ke jalan-jalan dan jalan raya. 7200 mendukung kedua POI Peta yang disediakan dan dipasok pengguna. Data waypoint, track dan route ditransfer ke dan dari unit melalui kabel USB. Empat sumber audio yang dapat diubah adalah: File MP3 internal, buku audio internal dalam format Audible, audio melalui jalur AV, dan audio dari penerima XM. Unit ini memiliki speaker internal sendiri atau bisa disiarkan meskipun radio mobil FM Anda. StreetPilot 26102620 Touchscreen: Ini adalah model pertama Garmin dengan Finger TOUCH SCREEN untuk input data dan kontrol dan penyimpanan peta hingga kartu memori Compact Flash 2GByte dan antarmuka data USB untuk pemuatan peta dan inputoutput data. Kartu CF 2GByte akan menampung seluruh peta CityNavigator (1.44Gbytes) untuk Amerika Serikat (termasuk AlaskaHawaii) dan peta wilayah Kanada yang tertutup. The 2620 datang pre-loaded dengan semua peta pada hard drive kompak. Unit ini memiliki antena GPS yang tidak terpisahkan di dalam unit dan dirancang agar sesuai dengan dasbor Anda dan memberikan petunjuk visual dan audio untuk menavigasi mobil Anda di jalan dan jalan yang tidak Anda kenal. Sebuah remote control IR bertenaga baterai disediakan sehingga penumpang dapat memprogram unit bahkan dari tempat duduk belakang. SEMUA fungsi SP 2610 dapat dioperasikan baik dari unit utama maupun remote. StreetPilot 2610 memiliki antarmuka pengguna yang sangat bagus. Ada empat tombol push untuk fungsi utama (PAGEmark, MENUroute, FINDrecent, dan SPEAKvolume.) Fungsi pertama memerlukan tombol sesaat, yang kedua mengharuskan Anda menahan tombol selama kurang lebih 2 detik.) Baru pada SP 2610 adalah bahwa Dirancang tanpa baterai internal dan beroperasi HANYA saat disambungkan ke sumber daya 10 sampai 24vdc eksternal. Uniknya (untuk peralatan Garmin), SP 2610 secara otomatis menghidupkan dan mematikan dengan aplikasi daya dari kabel daya eksternal. Sakelar disediakan untuk memutar Unit 26. 26 dirancang dari bawah ke atas untuk secara ekonomis mengganti kombinasi sistem Perangkat Lunak Perkapalan GPSLaptop yang banyak digunakan untuk bermanuver di sekitar kota-kota di Amerika Serikat. Unit mobil tua yang lebih tua ini tidak menyediakan teks-ke Instruksi mengemudi dengan ucapan: StreetPilot-III: Garmins StreetPilot III adalah model pertama mereka dengan perintah routing dan perintah otomatis present-position-to-address. Unit ini hadir dengan salinan Garmins Cit Program pemetaan Navigator (yang menggunakan peta NavTeq) memiliki jalan raya yang paling rinci dan peta jalan tingkat yang tersedia untuk AS. Pada saat SP-III dilepaskan, area cakupan Amerika Serikat untuk City Navigator hanya 120 wilayah metropolitan terbesar. Di luar area metro ini, peta dasar yang disempurnakan mencakup seluruh Amerika Serikat dengan peta jalan raya utama dan jalan tol antarnegara. Satu wilayah dari 10 wilayah yang telah ditentukan sebelumnya di Amerika Serikat dan Kanada disediakan tanpa biaya. Kode buka wilayah lainnya dapat dibeli (SINI). SP-III memungkinkan pengguna untuk secara otomatis menggunakan kedua CityNavigator, MetroGuide USA-4, atau Base Map. Dengan demikian, dengan peta dasar yang dapat di routeable, Anda dapat secara otomatis rute dari sebuah alamat di New York City ke San Francisco dengan hanya bagian peta CityNavigator untuk NYC dan SFO dimuat. SP-III adalah satu-satunya sistem autorouting yang kita sadari yang bisa melakukan routing antar daerah semacam ini tanpa perlu memuat peta perantara saat Anda pergi dari satu wilayah ke daerah lain. SP-III adalah harga terendah Automatic Car Navigator (dengan suara) dan salah satu pemain terbaik. GPS-V (dan StreetPilot StreetPilot StreetPilot ColorMap, dan StreetPilot-III dengan kartrid memori flash), dapat mengunggah peta Garmins MapSource apapun di CD. Penerima SP pada pandangan pertama terlihat seperti G-III yang meningkat. Namun, dalam interiornya yang cukup banyak terdapat beberapa inovasi perangkat keras dan perangkat lunak yang signifikan. StreetPilot dan ColorMap memerlukan bantuan perangkat lunak luar untuk menunjukkan titik tercepat ke titik perutean. Garmin MetroGuide USA dengan MapSource 4.03 atau yang lebih baru dapat menyediakan rute upload untuk SP dan SPCM. Rubberbanding diperlukan agar unit memberikan instruksi belokan demi belokan. StreetPilot-III dan GPS-V (dan peta yang menyertainya) tidak memerlukan bantuan dari PC untuk menghasilkan rute otomatis. GPS-V: Unit berskala abu-abu ini adalah navigator serbaguna yang pertama kali mengirimkan kemampuan routing, pemetaan rinci, dan (WAAS) otomatis di GPS genggam kompak. Itu datang dengan MapSource City Select CD dari NavTeq, yang memberi Anda akses ke peta tingkat jalan yang terperinci dengan lokasi restoran, hotel, dan layanan lainnya. Gunakan GPS-V untuk mencari lokasi dan secara otomatis akan menghitung rute dan membimbing Anda ke tujuan dengan petunjuk belokan demi belokan dan terdengar bunyi bip yang mengingatkan Anda pada belokan berikutnya. Anda dapat mengalihkan display dari horisontal, untuk dipasang pada sepeda atau dasbor kendaraan, ke vertikal untuk penggunaan genggam. G-V secara visual identik dan fungsinya mirip dengan G-III namun dengan autorouting. Unit Satuan Tangan Warna sekarang Menyediakan Perhitungan Rute Otomatis PETA: Meskipun model ini dilengkapi dengan Basemaps, mereka memerlukan CitySelect, CityNavigator, atau MetroGuide-4 untuk navigasi mobil otomatis tingkat jalanan. Mereka juga dapat beroperasi dengan non-routing MetroGuide-5, grafik biru, Peta Dunia dan produk peta Garmin lainnya. Hanya peta yang disediakan oleh Garmin yang bisa diunggah ke peralatan GPS Garmin (KECUALI). Memori peta sudah diperbaiki untuk unit sebelumnya, namun sekarang model x disertakan dengan kartu microSD untuk penyimpanan peta. Unit Warna berisi soket USB untuk transfer peta cepat dan dapat didukung melalui komputer. DISPLAYBATTERY: Model warna memiliki tampilan terbaca sinar matahari dengan layar TFT transreflektif 256 warna. Di dalam ruangan, lampu latar membuat layar cukup terlihat, dan di luar bahkan dalam cuaca mendung, kami menemukan displaynya terang dan mudah dibaca tanpa lampu latar. Teknologi hardware baru Garmin menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Garmins mengklaim 30 jam hanya pada dua sel alkalin AA, yang nampaknya hampir tepat untuk penggunaan intermiten tanpa lampu latar. Pengosongan baterai normal adalah rendah 62 ma, dan dengan lampu latar penuh, itu adalah 160 ma. S (dan Vista) adalah untuk Sensor: Seri sensor Garmin, yang mencakup 76S, 76CS, 60CS, Vista, dan Vista-C, dilengkapi kompas elektronik dan barometer tambahan. Kami tidak memiliki 76CS atau 60CS untuk ditinjau, namun sensor tersebut dievaluasi dalam ulasan GPSmap 76S, Vista, dan Vista-C kami. BAROMETERCOMPASS: Tidak seperti GPSmap 76S, GPSmap 76CS dan Vista C dont menunjukkan pembacaan terus menerus tentang ketinggian GPS. Semua bidang data menunjukkan ketinggian barometrik. Ketinggian GPS harus diakses dari Satellite Page dengan menekan MenuFind Key, lalu pilih GPS Elevation. Ini adalah satu kali membaca, dan tidak berlanjut. Prosedur serupa diperlukan di Vista asli. Namun, Vista tidak memiliki fungsi barometer, hanya Ketinggian Barometric. Dalam mode Auto-Calibrate, ketinggian GPS Vista-C tampak mengkalibrasi ketinggian barometrik. Dan bertentangan dengan Tekanan Normalisasi Vistas yang asli, Barometer Cs Vista tidak naik dan turun saat Anda turun dan naik. Unit dengan kompas elektronik bisa memutar kompas ON dan OFF dengan menekan sebuah tombol untuk menghemat daya baterai. SENSITIVITASACCURACY: Mungkin ini imajinasi kita, namun unit warna tampaknya memiliki kepekaan yang lebih baik daripada unit skala abu-abu. Semua unit memiliki kemampuan (WAAS) yang meningkatkan akurasi posisi di cakupan AREAS WAAS. Di luar area ini, mengoperasikan unit dengan WAAS Enabled akan benar-benar menurunkan akurasi. Tes spesifik untuk akurasi belum dilakukan untuk unit warna manapun. UNIT KHUSUS Dakota 20: Garmin seri handheld terbaru adalah model Dakota. Ini adalah versi Oregon yang lebih kecil dan diperkecil dan tampaknya mencapai titik harga yang lebih rendah bagi pelanggan yang tidak bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk Oregon. Ini dirancang untuk pasar luar, seperti hiking, menjelajahi dan berburu. Ini lebih ringan dan lebih kecil dari Oregon dan nampaknya lebih kasar juga. Dakota tampaknya masuk dalam kategori yang sama dari seri genggam eTrex yang populer, namun merupakan unit generasi berikutnya dengan antarmuka layar sentuh. Ada dua versi seri Dakota: Dakota 10, yang merupakan versi dasar yang terjual sekitar 290 dan Dakota 20, yang menambahkan kompas elektronik 3 sumbu, altimeter barometrik, kemampuan untuk menambahkan memori tambahan dengan slot kartu microSD, Dan untuk membagikan data secara nirkabel dengan unit kompatibel Garmin lainnya seperti OregonColorado. Dakota 20 dijual seharga 349. Unit Dakota tidak dilengkapi dengan data peta yang telah dimuat sebelumnya, namun memori internal sekitar 900 MB tersedia untuk produk peta Garmin yang kompatibel. Dakota dirancang untuk bekerja dengan program baru Garmin yang baru, BaseCamp. Yang diarahkan untuk mengelola titik arah, rute dan jalur. Ketika Anda menghubungkan Dakota ke BaseCamp, ini akan memunculkan tidak hanya titik arah, rute, trek, tapi juga geocaches yang Anda muat, dan Anda dapat mengakses petunjuk, log, deskripsi, dll. Hasil edit yang Anda buat, akan disimpan di Dakota saat Anda keluar dari program. Dakota juga mendukung fitur baru Garmin, Custom Maps, di mana Anda bisa mengupload peta Anda sendiri. Program murah yang akan mengubah peta topo USGS 1: 24.000 DRG ke peta kmkm (diperlukan untuk Custom Maps) adalah G-Raster. Oregon 550: Seri Oregon 550 yang baru dan lebih baik menambahkan kamera 3,2 megapiksel built-in, dengan geocoding otomatis dimana foto diambil, kompas tiga sumbu, memberikan pembacaan yang akurat terlepas dari bagaimana unit dipegang dan apa yang dikatakan Garmin adalah peningkatan visibilitas Dengan layar sentuh. Model 550 dan 550t, yang menambahkan peta topo 100k dimuat di Amerika Serikat, juga mendapat keuntungan dari perbaikan firmware baru-baru ini yang dilakukan pada unit Oregon asli (enam bulan update beta sering). Selain kamera dan kompas elektronik tiga sumbu, 550 memiliki altimeter barometrik, dan kemampuan untuk berbagi secara nirkabel antara unit Garmin lain yang kompatibel. Oregon 550 hadir dalam paket serupa seperti model Oregon sebelumnya. Namun, termasuk pengisi baterai NiMH yang akan mengisi empat baterai sekaligus. Namun, paketnya hanya mencakup dua baterai rechargable. 550 juga mendukung operasi dengan lithium atau alkaline AAs. Ada panduan ringkas singkat dan manual pemiliknya ada di CD-ROM. Namun, ini adalah manual untuk semua model Oregon, 200 sampai 550t. Ini tidak begitu detil tentang fitur yang saya inginkan. Colorado 400t: Colorado 300 adalah unit yang sama, namun tanpa peta TOPO yang sudah dimuat. Anda dapat memuat perangkat lunak Garmin TOPO 2008 ke dalam 300, meskipun Anda terbatas pada jumlah segmen peta yang dapat Anda muat. Pemandangan topografi peta terlihat spektakuler di layar. Ini benar-benar membuat perbedaan besar, dari tampilan datar tradisional, terutama di daerah pegunungan. Layarnya memiliki warna 16-bit dan resolusi 240 x 400 piksel dibandingkan dengan ukuran rata-rata GPSmap 76Cs 8-bit dan resolusi 160 x 400. Layar yang lebih baik adalah yang pertama menunjukkan shading TOPO US 2008 di unit genggam Garmin. Tombol unit Garmin sebelumnya telah digantikan oleh fungsi kontrol Rock and Roller. Ini memungkinkan Anda mengoperasikan Colorado hanya dengan satu tangan. Fitur lainnya mirip dengan serapan GPSmap 76c dan 60C. Oregon 400t: Unit ini memiliki altimeter barometrik, kompas 2 sumbu elektronik, dan kemampuan untuk berbagi secara nirkabel antara unit Garmin lain yang kompatibel. Ini memiliki layar 16-bit beresolusi tinggi yang sama dengan Colorado, kecuali unit ini benar-benar layar sentuh. Oregon 300 adalah unit yang sama, namun bukan dari peta TOPO yang sudah dimuat, memiliki peta dasar Amerika Utara dengan naungan medan. Ini menggunakan chipset GPS yang berbeda, versi STMicroelectronics (ini berbeda dari apa yang ada di Colorado.) Ini memberi opsi kepada the Oregon the HotFix, untuk menyimpan informasi almanak GPS untuk memungkinkan perolehan lebih cepat saat unit telah dinyalakan hingga tiga Hari. Oregon juga memiliki file Zona Waktu, untuk menentukan lokasi dan Zona Waktu Anda secara otomatis, daripada memerlukan masukan pengguna. Kami juga menemukan bahwa Oregon akan menyimpan lokasi terakhir Anda sebagai file. gpx, mirip dengan unit otomotif Garmin yang memiliki fitur Where Am I. Menyimpan screen shot sangat mudah di Oregon. Pergi ke Setup, Display, lalu balikkan screen shot. Tekan tombol power kemudian akan menyimpan screen shot saat ini. Anda dapat mengakses gambar bitmap ini dengan menghubungkan Oregon ke komputer Anda dan menemukannya di folder yang disebut scrn. 3-D View Anda bisa mendapatkan pemandangan yang realistis dari medan yang ada di depan, gulir tampilan dengan panah, dan juga zoom in atau out. Berbagi sistem ANT Garmin Nirkabel memungkinkan Anda untuk menukar titik arah, geocaches, rute atau jalur antara unit Garmin yang kompatibel lainnya. Ini adalah fitur bagus untuk bertukar data dengan teman atau teman baru yang Anda temui di jalan. Anda hanya bisa terhubung ke satu unit sekaligus dan geocaches hanya mentransfer informasi waypoint dasar. Tidak ada deskripsi, petunjuk atau log dari geocaches yang bisa ditukar. Anda dapat bertukar data antara unit Oregon dan juga antara Oregon dan Garmin Colorado. Geocaching Oregon dengan cepat menjadi favorit Geocachers, dengan caching paperless-nya. Geocaches disimpan terpisah dari titik arah Anda, yang membuat mereka tidak mengacaukan titik arah Anda. Modus Geocaching sangat membantu jika Anda adalah anggota premium Geocaching, karena Anda bisa mendapatkan informasi cache, termasuk beberapa log terakhir dan petunjuknya dimasukkan secara otomatis ke GPS Anda. (Saat mendaftarkan Oregon Anda di garmin, Anda berhak mendapatkan keanggotaan premium 30-premium) eTrex VistaLegend-Color: Diupgrade paket eTrex VistaLegend. Salah satu perbedaan utama antara Vista-C dengan kompas elektronik dan unit Sensor warna lainnya oleh Garmin, adalah bahwa unit ini diadakan secara HORIZONTALLY untuk penerimaan terbaik (satu-satunya cara kompas elektronik dapat bekerja) adalah hal yang paling penting untuk pekerjaan geocaching. Unit ini hanya memiliki koneksi USB dan tidak ada colokan antena aktif. Kedua unit memiliki memori peta 24 MB - sama seperti Vista tua dan menyimpan tombol tombol Klik Tandai, untuk menjaga unit tetap satu dari yang terkecil di pasaran. Layar warna yang baru adalah 176 x 220 piksel dan 1.3W x 1.7H. Ini dibandingkan dengan 160 x 288 piksel dan 1.1W x 2.1H untuk VistaLegend. Dengan demikian layar warna tidak setinggi, namun lebih lebar. Kami telah mengkritik ukuran teks pada model eTrex sebelumnya karena sulit dibaca, karena teksnya sangat kecil, namun Legend dan Vista-Cs jauh lebih baik dengan peta dan teks yang mudah dibaca, dan kami sekarang menganggapnya memuaskan. GPSmap 76 (S) - Color: dianggap sebagai unit Marinir. Mereka pada dasarnya identik dengan 60C, namun tata letak fisik berbeda, dan memiliki lebih dari dua kali memori peta untuk harga jalan hanya 35 lebih. Misalnya, memori 76 adalah 8 MB, 60C adalah 56 MB, dan 76C adalah 115 MB. 76 dan 76C berisi informasi pasang surut sedangkan 60C tidak. Unit 76C (S) juga memiliki kemampuan USB baru untuk mengunggah peta besar selain jack serial dan jack antena aktif. Unit S juga berisi barometer dan kompas elektronik. Unit warna memiliki lebih banyak pilihan layar pengguna daripada unit yang telah kami ulas. Lihat contoh layar (SINI). Tambahan yang bagus untuk 76C adalah kontrol dari hanya berapa banyak layar yang benar-benar ditampilkan. Ini diakses melalui Menu, Menu, Page Sequence. Unit ini berukuran sama dengan Garmin GPSmap 76 (S) namun dengan display yang sedikit lebih kecil (1,5 W x 2.2 H, vs 76s 1.6 W x 2.2H). Ukuran layarnya persis sama dengan yang di 60C. GPS 60-Color: GPS-60C nampak bagi kita untuk menjadi GPS baru untuk semua. Muncul dengan software Basemap dan POI CD yang memungkinkan upload dan download titik arah, rute dan trek. Unit ini menyediakan memori peta 56 MB, untuk peta (biaya tambahan). Sama seperti setiap model genggam Garmin sebelumnya telah menjadi perbaikan dari model sebelumnya, GPS 60C akan memiliki sekitar setiap fitur GPS yang tersedia termasuk auto-routing, kecuali untuk perintah suara. GPS 60C dilengkapi dengan jack USB dan colokan kabel serial gaya lama. Di masa lalu, Garmin telah menyegmentasikan pasar GPS ke Outdoor, Marine, Car Navigator, dan Aviation. 60C melakukan pekerjaan yang bagus di Navigasi Mobil dan aplikasi Outdoor dan pekerjaan yang lumayan dengan panduan kelautan. Kombinasi ini akan sesuai dengan kebutuhan banyak orang. Unit ini tidak memiliki fitur Perhitungan Rute Otomatis GPSmap 76S: 76S secara fisik sama dengan 76, memiliki resolusi layar yang sama (namun memiliki memori peta 24MB dan bukan 8MB untuk 76). Juga tracklog telah ditingkatkan menjadi 5000 trackpoints, dan warna case terbalik. Unit ini memiliki barometer internal yang sangat berbeda dengan barometer Vista. Untuk satu, Vista memanggil pengaturan barometer biro cuaca lokal Normalized tekanan di mana 76S menyebutnya tekanan Barometer. Di Vista, pembacaan tekanan Normalized akan berubah terbalik, jika Anda bepergian ke atas dan ke bawah. (Pembacaan barometer seharusnya tidak berubah saat bergerak naik turun kecuali perubahan tekanan atmosfer). 76S juga berisi kompas elektronik. Ini tampaknya sama dengan kompas seperti di Vista, kecuali layarnya lebih besar. Ini diaktifkan saat unit berjalan lebih lambat dari beberapa kecepatan yang dapat dipilih. When calibrated on a non-metallic flat surface in a magnetically undisturbed area, the 76S heading accuracy was within the spec limit of 2deg. Although no warning is displayed when batteries are replaced (as with the Vista) the unit should be re-calibrated in order to retain its 2deg accuracy. By holding down the Page key, one can quickly turn the compass ON and OFF as needed. The barometer and GPS altitude are constantly combined with a filter to provide the best measure of altitude. GPSmap 76: I s quite a lot of GPS for the money. What does it have going for it A larger, higher-resolution screen than the eTrex series, (WAAS ), map or marine navaid capable, many customizable options, all buttons on the front for easy access, and features not found on other Garmin units. The unit superficially looks like an eMap with the same screen size and key layout above the screen with a layout similar to the G-III. The screen is 180x240 pixels as compared to the eMaps 120x160 and the G-IIIs 100x160. The unit is somewhat bulkier, weighing (with NiMH batteries) 228g as compared to the eMaps 196g, but lighter than the G-III 251g. However, the GPS does fit in a shirt pocket. The unit is surprisingly light for how large it is this allows the unit to float. The GPSmap 76 has 8MB of memory, and if you are a G-III or G-12Map user, this is a good upgrade. You can load all of Garmins map types, although only one MetroGuide area, so there you may be a little cramped. The unit does support the address look up and next-intersection features like the eMap. eTrex Summit: Is an upgraded eTrex package with the addition of a built-in electronic compass which shows your receiver heading even when you are not moving, and an altitude profiling system showing a profile of your elevation movement along your route of travel. These new features are made possible by a built-in electronic flux-gate compass, and barometric altimeter. The compass is compensated by the user turning around slowly twice in an interference free area. The compass display changes from direction-traveled to direction-pointed depending on a user selectable minimum speed and time. Readouts include maximum and average Ascent and Descent distances and rates. The altitude profile can also indicate pressure changes over time. The Summit has the highest resolution tracklogs while walking of any Garmin receiver. See plots (HERE ). Garmin Software Compatibility: All Garmin hand-held receivers are compatible with all the map software programs we have tested that use the NMEA 0183 Ver. 2.02.3, 4800 baud standard for real-time tracking. Later units and firmware revisions have Garmins PVT protocol so that switching back and forth between NMEA and GARMGARM modes is no longer necessary to change from position tracking to data uploaddownload when using a compatible external mapping or support software. G7ToWin. Can download (the last listed) Route, Waypoints and Tracks retaining the 10 characters in the Waypoints and Routepoint names. During this process G7ToWin can create. SA456789 files that show the data on Delormes Street Atlas (but not Street Atlas 2003). G7ToWin can also upload these files back into the GPS with the 10-character names and original Symbols preserved. Routes that rubber-banded before downloading will rubber-band again after uploading, and old 6-character archived waypoints can also be uploaded. Another feature of this program is that it can download and display as. bmp files the screens of most all Garmin units. GARMIN MAPSOURCE MAPS: Garmin MapSource (MS) has the ability to uploaddownload waypoints, routes, and tracks to and from (most) Garmin GPS receivers. With Ver. 4.03 and CitySelect, CityNavigator or MetroGuide USA maps, it can also automatically create a best route between selected points. One doesnt have to have a mapping receiver to take advantage of MSs data-handling features. MS can be used to create routes on the map and then upload these routes to the GPS. Tracks and waypoints downloaded to MapSource can be edited - allowing eliminating wayward track segments. With this version MS can now display and record real-time tracks from a receivers NMEA output or the Garmin mode, PVT output (Position, Velocity, Time). See examples of WorldMap maps (HERE ) and USA Topo maps (HERE ). Some receivers require a flash memory cartridge for these maps. They can be purchased as follows: 8MB (60), 16MB (90), 32MB (120), 64MB (195), and 128MB (310). USA Topo set of three CDs (100) is a later Garmin map product. Topographic data is added to street-level maps. These contain contour lines and extensive small stream data for the USA. The road database is 20 to 30 years old, but are more accurate than those in the RampR CD or any version of Street Atlas. They are: AlaskaHawaii, USA West (Setup), and USA East. Areas to be selected are now rectangles of various sizes in a grid. Contour lines are those of the USGS 1:100,000 topo maps and are in multiples of 10 meters to 50 meters, depending on terrain steepness. On the larger lakes, elevation contours (not depth contours) are also shown. In addition, nautical navaids for the 50 states are provided, including radio beacons, RACONs, fog signals, river, harbor, and other lights, day beacons, and lighted and unlighted buoys. Wrecks and obstructions such as shipwrecks, submerged rocks, obstructions and other hazards to nautical navigation are displayed. WorldMap CD maps contain many Nautical Navaids around the US coast and the rest of the world. The streethighway detail and accuracy, however, are relatively poor. Several Garmin, Lowrance, and Magellan WorldMap examples are shown (HERE ) and (HERE ). Garmin Hand-held Units: The G-12XL was introduced in January 1997 to replace the single channel G-45(XL), the GPS-12 Little Brother in June 1997, the G-II in April 1997 and the G-III in Oct. 1997 (all no longer in production). The first handheld mapping GPS from Garmin was the G-III (350 v. 2.04) released in Jan. 1999. (Map CDs run from 75 to 150). Next came the G-12Map (330 v. 2.04) in Oct. 1999, eMap (250 v. 2.50) released in Nov. 1999, and the eTrex released in July 2000. Then came the eTrex Summit. LegendVista. and later the GPSmap 76 in 2001. The GPS-V Autorouting receiver arrived in October 2001. In 2002 we have the GPSmap 76S (sensors). The GPS 60-Color appeared in 2003, and the GPSmap 76(S)-Color and eTrex LegendVista Color in 2004. NOTE: The Color series now all contain an automatic route calculation feature. Mapping: Mapping GPSs include a base map of all the Interstate, most of the state routes, railroads, rivers, and shorelines in the Western Hemisphere with seven levels of detail. An International version contains road maps of most countries in the rest of the world, and the Atlantic versions have higher-detailed maps of Europe. The eTrex Summit is the only non mapping GPS we have reviewed lately, but it contains features new to hand-held GPS receivers. Basic features of the hand-held units: At least 500 waypoints storage, 20 routes of 30 or 50 routepoints, and 2,000 to 10,000 trackpoints. All have a Track Back feature that converts a track to 30 to 50 routepoints providing steering directions to navigate the Track Back route - either way. All current units have icon symbols for waypoints. Erasure of Track Back waypoints is now easier with delete by symbol. All have a serial data or external power capability. A three-way cable provides for both. External Antennas: The receiver performance in the Garmin GPS receivers is good enough in many cases, so that an external antenna will not be necessary. Reports indicate that you may need an external active antenna to maintain continuous coverage under difficult terrain and tree cover conditions. Garmin makes three active antennas, the GA-26(C) and GA-28 (29) for the G-IIG-III() series receivers BNC connector and the GA-27(C)for the MCX connectors of the G-12XL, eMap, and GPSmap 76. C designates a low-voltage version. The GA-28 (or low-voltage GA-29) pole mounted marine antenna comes with a 30 cable. An MCX to BNC adapter cable is available if necessary. Garmin receivers are also compatible with most 3rd party amplified GPS antennas as well as Garmin brand. Tri-M is the only other antenna vendor making an amplified external antenna compatible with Garmins MCX antenna connector. Some general differences are: The G-12 and G-12XL have internal antennas. The G-II, G-III(), and StreetPilot (ColorMap and III) have rotateable external antennas with a BNC connector. The G-12XL, G II, G-III(), GPSmap 76, and StreetPilot (ColorMap) have powered jacks for remote antennas, but the G-12 and eTrex series have no external antenna capability. The eTrex Legend and GPSmap 76 have fixed 8MB of map memory, Vista 24 MB, and the 60C 56 MB. Only the G-12XL, G-12Map, eMap, GPSmap 76, GPS-60C, and GPS-V have an audible alarm. Only the G-II, G-III(), and G-V have rotateable screens (Horiz. or Vert). The G-II, G-III(), G-12, G-12Map, and G-12XL, units run about 20 hours on (4) AA alkaline cells. All Garmins will accept external 12vdc power and serial data through a four pin plug, except the G-12, G-38, G-40, eTrex (Series), and eMap which require a voltage regulator. The G-12Map, eMap, eTrex (all), GPS-60C, and GPSmap 76 units operate at 3.0vdc and require low voltage antennas such as the GA-27C or GA-26C. However, these low-voltage antennas will also operate on the older high-voltage receivers. The 26 antennas have a BNC connector while the 27 antennas have an MCX connector. Check your receiver to see what kind of jack it has. MAGELLAN RECEIVERS: Magellan SporTrak Color: The SporTrak Color (about 370) resembles the SporTrak Pro. but the case has been completely re-designed. The buttons do not protrude as with the Pro and are somewhat harder to press. It weighs 5 grams more than the Pro to incorporate an electronic compass and barometer. The SporTrak Color contains one extra key, a Mark button, - not available on the Pro. The Enter key is now in a more convenient spot in the center of the rocker switch. The unit contains a quadrifilar antenna, and receives GPS signals best when held vertically. The most noticeable characteristic is that the screen is exceptionally clear and bright with (16) colors - especially with the backlight ON (which also backlights the keys). The default ON is with the screen backlighted to maximum. Pressing (and holding) the power button decreases the backlight to half and then to OFF. The backlight can be set to turn off from 30 seconds to ten minutes. Any time a key is pressed, the light comes on for the selected time and brightness. This procedure enables the screens to be read easily in any lighting condition. The Color screen is much more visible than the Magellan ColorMap and has about 50 more (Pixels ) than the Pro. Compass: The 3-axis compass is a major plus for Magellan over Garmin. The compass retains its accuracy with any tilt angle. With the Garmin GPSmap 76S. you have to hold the unit vertically for best reception but horizontally to read the compass. The map and compass can be oriented to Magnetic or True North, and the compass will read out in Degrees or Mils. To switch off the compass (for use in an automobile, for example), use MENU, Setup, Compass Orient, GPS Course. The compass will then show direction of travel. Garmin units accomplish this with just a push of a button. Magellan SporTrak Pro: about 250US, appears to be a Magellan Map-330 packaged in a more ergonomically pleasing package, and is 14g lighter. Named keys are replaced by symbols. The screen resolution is the same, but the Pro screen is a little whiter, more visible, and the backlight is brighter. The keys are smaller and not quite as easy to use. The Pro has the same operating system as the Map 330 with the addition of a 3-D Road Screen which is the same as in the Meridian Gold . The Pro comes standard with a base map consisting of cities, highways amp major roads, waterways, airports, parks, fixed navaids, buoys, lighthouses, marinas, and obstructions. The SporTrak Pro basemap is the same as the MAP 330M base map. The SporTrak Map comes standard with a base map consisting of cities, highways, airports, The 330 contains Cities, Highways, Airports, Waterways, and Parks. The Pro has these and adds Fixed Navaids, Buoys, Lighthouses, Marinas, and Obstructions, waterways, and parks. The SporTrak Map base map is the same as the Meridian GPS base map. The Pro memory includes 9MB of base map and 23MB for uploadable maps. This compares to the 330s 8MB of base map and 8MB of uploadable map memory. The SporTrak Map has a 2MB base map and 4MB for uploadable maps. Magellan Meridian Gold and Platinum : The Magellan GOLD (Ver. 2.09) Mapping GPS receiver (about 300US) is a full-featured and medium cost receiver with a built-in 16 MB basemap (competitive units have 8 MB, Meridian basic has 2 MB) showing worldwide political boundaries, U. S. cities, highways, major roads, national parks, waterways and railways. The GOLD also has a slot for another 8 to 128 megabytes of flash SD memory available for uploading detailed street maps, waypoints and routes from Magellans new MapSend Streets CD-ROM (sold separately). Optional SD memory up to 64MB from vendors other than Magellan will operate in the Meridian units. This receiver is larger and has a larger screen than the SporTrak Pro, see (HERE ). The GOLD has a feature lacking in most other GPS receivers waypoints, tracks, POIs, and topo lines can individually or globally be turned on and off. A FIND waypoints, addresses, cities, highways, parks, waterways feature is provided. You can even ask for the FIND to work nearest the cursor instead of nearest present position. There are 8 sequential user screens. You may turn any you do not want to use to OFF so the sequencing will take less time. Fixed elevation (2D) or GPS elevation (3D) modes can be selected. The GOLD can be programmed to automatically turn itself OFF if signals are lost for a user selectable period. WAAS Compatibility: The Meridian GOLD and family is WAAS and EGNOS compatible. In addition, Magellan has elected to ignore the present do not use flag produced by EGNOS signals (the WAAS for Europe) and allow corrections to operate in Europe. Users should be aware that these signals MAY not be reliable at times. When it come to trackback, Magellan has a significant advantage over the Garmin implementation. The Garmins select only a few percent of the trackpoints to use in the trackback directions, thus tending to cut corners. This (from personal experience) can cause one to run aground when following a curvy river in low visibility. In the Magellan implementation, each and every trackpoint is used in the trackback steering directions. Meridian Platinum Compass and Barometer: The function of this electronic fluxgate compass is an advance over the design of the Garmin compass. Where the Garmin compass must be held horizontal to read, the Magellan three-axis compass can be read from horizontal to a tilt to vertical at which point the back of the unit is the heading being read. The vertical position is also the most optimum position for signal reception, thus the best arrangement for locating a Geocache - for example. COG (Course Over Ground) Pointer and Icon: This unique pointer, not available in the Garmin units, is a useful new feature. When using the Compass Screen to steer to a destination, the goal is to align the destination Pointer and the COG Pointer together. When both of these pointers are lined up, regardless of your heading, you are moving in a straight line to your destination. This is a welcome feature for sailing enthusiasts. Barometer: In addition to the electronic compass, the Meridian Platinum provides a mini-weather station with temperature and barometer information. The accuracy of the barometer is hard to discern. Tests made in cool weather show that the barometer readings vary considerably with temperature changes. As compared to our measurements of Garmins 76S barometer accuracy of 0.02 Hg, the Platinum barometer appears not to indicate a useful measurement. MAGELLAN MAPSEND MAPS MapSend DirectRoute: These maps which are in color and support automatic routing are about 130. They are unique in that they can be installed on several existing Magellan receivers not initially designed for automatic-routing maps. They include the SporTrak Color, Pro, and Pro Marine Meridian Color, Platinum, Gold, and Marine. These units first have to be upgraded to Ver. 5.0 firmware (or later) supplied with the map kit. Users of earlier MapSend maps will appreciate these more accurate and up-to-date maps. MapSend Streets and Destinations: This map allows map transfer at 115,200 baud, and four disconnected regions can be uploaded. MapSend Topo USA: This map only allows map transfer at 19,200 baud, and the limit is also four regions. The map contains both topographic information and what looks to be the MapSend Streets USA street detail. MapSend WorldWide Basemap (with topo information): Only one region of this map can be uploaded at a time. It is possible to upload both street information (e. g. as in MapSend Streets USA) and the WorldWide Basemap. The maps are not displayed simultaneously, but if you zoom out far enough, the WorldWide Basemap switches from the detailed map (if loaded) to the new WorldWide Basemap (if loaded). The built-in Basemap can also be displayed if the WorldWide map is disabled. The map-screen Scale is 14th the width. All of the many map details can be turned ON or OFF. Automatic Map Switching: The unit switches off the street detail from 350m to 700m zoom and then switches to the WorldWide basemap map at 1.4km zoom. At 2.5km, panning the cursor will reveal the closest waypoint to the cursor whether the waypoints are displayed or not - up to some unknown distance from the waypoints. Past this distance, the cursor reveals the elevation. Map Detail settings have no effect on the topo map except at Highest where the street map always takes over at 2.5km zoom. From the smallest to the largest region upload, the file was always about 1MB in size. Apparently the first 800K or so is the program to generate contour lines from the Digital Elevation Model (DEM) database. Map Utilities: Map Utilities (also present in the Pro 4.04, but not the Platinum) is accessed from the first MENU selection. It has two selections: Change Map and Delete File. Change Map has selections of: BaseMap and Detail Map Under BaseMap: Default Map or BaseMap. mgn can be selected Under Detail Map: Detail Map Off or Secndmap. dat can be selected Under Delete File: Basemap. mgn or Secondmap. dat can be deleted Normal operation would be with: BasemapBasemap and DetailMapSecond-Map NOTE: One must remember to Save these settings, before they will take effect. LOWRANCE RECEIVERS: Lowrance iFinder Expedition c. The iFinder Expedition c is about 250. One of the first things you notice that it has a very bright and crisp screen with the backlght on. The included maps contain elevation contour lines, but do not auto-route. When checked in the Menu, there is a Popup Help screen that describes each function when highlighted. The c models add a 64MB SD card, SDUSB card reader, and MapCreate 6 with USA Topo mapping software on six CDs for about 90 more. The iFinders electronic compass and barometric altimeter will display direction and altitude for serious hikers and backpacker. The internal memory is large enough to store up to 100 routes, 1000 waypoints and 1000 event markers. The 16-channel GPS, color handheld mapping GPS unit includes a unique Scout Mode, electronic compass, barometric altimeter, built-in microphone, and MP3 player capabilities. The Expedition will accept pre-loaded FreedomMaps USA (about 100) on a single 128 MB SD memory card that cover multiple states. They give you all the features found in the MapCreate mapping software, but without the necessity of using a computer. The iFinder Expedition comes standard with built-in continental U. S. and Hawaii background maps featuring interstate exit services. Lowrance iFinder: Ver. 1.2.1 with MapCreate 6, is about 365. The Lowrance GM-100 was the first GPS receiver with user uploadable maps. The iFinder is the first consumer model handheld update from Lowrance since the pace setting GM-100. A few of the unique features of the iFinder are: a) Will accept either MMC or SDC memory cards up to 128MB, b) has optional color case faces, c) holds routes, tracks, waypoints AND maps in the removable memory module, d) an easy and advanced user interface makes for easy initial use while providing advanced capabilities for more experienced users, e) 1000 waypoints, 1000 event marker icons, 100 routes, TEN savable trail (tracklog) points with up to 9,999 points per trail (MOST of any handheld GPS I know of. If you want MORE points, just carry more MMC cards with you.). f) 37 zoom ranges from 0.05 to 4000 miles, All waypoints, routes and tracks are downloaded by the removable memory module (No serial port is currently provided but a USB or parallel port can be used for loadingreading the MMC cartridge depending on model selected.). There are four iFinder configurations, each including the same GPS receiver but different accessories. a) iFinder (basic) just has the GPS receiver and manual and nothing else. b) iFinder Plus includes iFinderManualMapCreate 6 and a 16MB MMC card and card reader, c) iFinder Atlantis is a marine model and includes a 16 Meg MMC card with high detail mapping of the continental USA coastline and d) iFinder Express is designed for inland USA use and has a 32MB MMC card loaded with much of the SEARCH ABLE POI database. DELORME RECEIVER . Delorme EarthMate GPS Receiver . This 150 receiver (can come bundled with Street Atlas 8) is a 12 channel receiverantenna combination, but has no display. It is rain resistant and so may be itself mounted on your cars roof. The EarthMate GPS receiver is designed specifically to work with Delormes Street Atlas 4567 software and unless connected to a laptop with SA running, the EarthMate shuts down and provides no data. This unit acquires reasonably quickly and maintains lock not quite as well as most other 12 channel parallel receivers. Overall, it is among the lowest cost GPS receiversoftware packages, but its lack of a stand alone display, and the fact that it only works with Delorme Mapping software products makes it less desirable than others. Speed capability is reported as 900 kph. The Earthmate and Tripmate have been reported to be among the least accurate of the low cost GPS receivers. The warranty on the EarthMate receiver is 60 days. GPS-to-MAP (Intermediate Software): Third party software is essential to realizing the full potential of integrating the Garmin receivers with the Delorme Street Atlas maps. These auxiliary programs allow you to download routes, tracks, and waypoints to files that can be shown on the Delorme maps, white paper maps, or saved for future uploads back to the Garmin receivers. G7ToWin is a (free) WindowsNT program by Ron Henderson. The program will download in one operation from the Garmin receivers, waypoints, routes, proximity points, tracks, and symbols (if they exist) to text and Street Atlas 345678 files in all the various ways Street Atlas can present these data. G7ToWin has been updated to support both Garmin and Magellan receivers with all the symbols Garmin has of this date. It now supports the Street Pilots 10-character waypoint and routepoint names for downuploading and display and will interface with the new Street Atlas 789. Upgrades will be available at G7ToWin above. You have complete control as to how any downloaded track or route LOOKS in Street Atlas. It can be solid, or highlighter, and be any SA color or thickness. Routepoints can have Route No. names, comments, or none, and they are connected by lines, where with Street Atlas they are not. Waypoints can have names with or without comments. Street Atlas tracks are lines instead of dots. EasyGPS (free) is an easy way to create, edit, and transfer waypoints and routes between your computer and many models of Garmin, Magellan, and Lowrance GPS units. Using EasyGPS, you can manage all of your waypoints and routes, and display them in lists sorted by name, elevation, or distance. EasyGPS connects your GPS to some mapping and information sites on the Internet, giving you easy access to street and topo maps, aerial photos, weather forecasts, and nearby attractions. EasyGPS can exchange GPS data with EasyGPS, PanTerra and ExpertGPS users. GPS Utility (40) is an easy-to-use application that provides management and manipulation of GPS information. You can use it to transfer data tofrom a GPS receiver and store the data in PC files in one of several text formats. The program converts between different map datums and many coordinate formats (LatLong, UTMUPS, country grids etc.). Information can be filtered in various ways and waypoints sorted according to specified criteria. Using a scanned in bitmap you can digitize waypoints, routes and tracks. Route and track statistics are available and can be transferred into other programs for analysis (i. e. spreadsheet programs). You can plot your GPS information as a map and add map annotations in text or image form GPS Utility is particularly useful for editing and splicing together track and route segments. You can use it to convert tracks into a route and set of waypoints or convert Routes into tracks. Search patterns can be generated in either track or routewaypoint forms. Other tools allow you to analyze and average the GPS information. Routes may be exported as Route cards. Some special purpose file import and export functions are also provided. GARtrip from Shareit by Heinrich Pfeifer (v. 115, US 30) is a Windows program that presents Garmin waypoint, route, and track data on a white map suitable for analysis and printing, true to scale. The program supports the Garmin G-12 and G-III symbols. One feature includes converting coordinates fromto: Longitudelatitude, UTM, German Grid, Swiss Grid, French Grid (Lambert), British Grid, Irish Grid, Swedish Grid and any number of user defined grids, all with the proper geodetic datum. The program shows and accepts great circle distances between waypoints. Advanced route planning with speed and time is included. GARtrip imports and exports Garmin PCX5, Gardown, Garlink, Waypoint, and OziExplorer files suitable for editing and uploading into the GPS. Garmin PCX5 program (75). This program has been discontinued by Garmin in favor of MapSource. At last check, Garmin was giving a US80 discount to any current PCX5 owner toward the purchase of any MapSource or MetroGuide product. Vector-Map Software : Delorme Street Atlas (SA) is a 25 upgrade (or about 50 otherwise.) Two CD ROMs of SA have new enhancements which add substantial utility to the program. Address to address directions are not for just the current city, but for the whole USA. That is, the quickest route from 1 Beacon Street, MA. (02111) to 1 Market Street, San Francisco, CA (94111) is quickly calculated. In this version, ZIP codes arent required. These routepoints are spoken as you drive along giving several warnings approaching each routepoint. Waypoints with NAMES and stored tracks can be downloaded and displayed on SA. However, routes downloaded to SA do not show any lines connecting the routepoints. An example of how G7ToWin can distinguish between a mixture of downloaded waypoints and routepoints (with lines drawn between routepoints) is shown (HERE ). Draw Object Text Notes and Place Notes (waypoints created by SA) containing LatLong with the first 6 note characters are shown in the Names list and the first 16 note characters are shown in Comments when uploaded to the Garmin receivers. Uploading Map Notes results in no recognizable names or comments in the Garmin receivers. Routes can also be uploaded to Garmin and Lowrance receivers and to later model Magellan receivers. (Consult Delorme or Magellan for specific model compatibility.) Map Tech Terrain Navigator has a new presentation of a topographic maps in 3-D. The review compares it with Delormes Topo USA 3.0. Terrain Navigator can also show GPS waypoint, route, and track data on the 3-D maps. Scanned-Map Software: These programs are able to convert almost ANY paper map into a GPS raster map. The map doesnt even have to have any LatLong notations on it. The procedure is to scan in the map and export it as a. GIF or. BMP file to the map program. Next you use the register function to record the LatLong of identifiable street intersections on the paper map. This can be done by matching intersection LatLongs determined by PM3 or SA45 with the paper map. After registering the map with two to four determined positions, it becomes a perfectly good GPS map on which the GPS data can be accurately displayed. Even aerial photographs may be scanned and used as maps. Ozi Explorer v. 3.80 (65US) is similar to Fugawi with some added desirable features. The first thing you notice is how fast it can import a CD of USGS DRG maps (30 seconds vs Fugawis seven minutes). The next thing is how easy and fast it is to pan the DRG maps (see example (HERE ). One click on the index map re-positions the main map instantly. You can also re-position the map by dragging it. Ozi allows you to leave your GPS on the Datum of the map, so that you can observe the LatLong in the same datum on both the GPS and the computer, the coordinates of which will then be the same. This approach requires that you remember to change the GPS datum when you change to maps with different datums. Ozi is capable of displaying data stored on Garmin, Magellan and Lowrance receivers. This version of Ozi recognizes BSB charts (see example HERE ). Unlike Fugawi, Ozi shows tracks and waypoints on the index map and can upload an individual waypoint by clicking on it. Ozi supports Garmin Symbols up through the G-III. Ozi can register maps at nine points providing a better correction for distorted maps where Fugawi registers only three. Both programs switch maps at the neat line. Up to 20 route s in different colors plus the Garmin Symbols can displayed by Ozi. (Fugawi displays one route and no symbols.) Custom track logs can be created by Ozi but not Fugawi. In the above version, Ozi can now print the maps to any desired pre-determined scale or coverage without loss of detail. Fugawi also prints without loss of detail, but its difficult to predict what will be printed. OziExplorer also has a feature that will calculate an area of an enclosed GPS track or a manually-made track. The results can be expressed in Sq. m, Sq. km, Hectares, Sq. Ft. Sq. Yds. Sq. Miles, or Acres. Under Options is Area Calculation. When activated, one can load any stored track, and Ozi will calculate the part of the track that encloses an area. An actual MAP is not necessary. Just select the Blank Map and load the track. As an alternative, one can CREATE an enclosed track plot by clicking on selected area points of a loaded map which will also calculate an area. See: Comparison Between Ozi Explorer and Fugawi. Fugawi v. 2.19 (Sam Rea ) is a 95 Windows scanned-map program which can uploaddownload, waypoints, routes, and tracks with the Garmin and current EagleLowrance receivers. Waypoint names are shown on the map next to easy to see small yellow squares with the names in black on green. Placing the cursor over a waypoint causes its Description to be displayed. A sky view of the satellites is included. A double click on the map creates a waypoint which can be used as part of a route to be uploaded to GPS receivers. The scanned maps will switch automatically as you travel along. Routes are drawn with red lines, and tracks are blue linked cookie trail dots. The GPS present position icon can be selected from several and will rotate as the direction of travel changes. Fugawi allows the GPS to be continuously set to WGS-84 while the map datums are converted by the software. This latest version allows control of printing any portion of the loaded map without any loss of detail. Fugawi now has Canadian topographic maps available in the BSB format on CD. NOTES: One must remember to select TrackRecord in addition to TrackShow in order to display the real time track. With waypoints Save on Exit turned ON, all waypoints cant be cleared from the maps on re-load unless ONE waypoint remains. Raster-Map Software: MapTech OffshoreNavigator has the unique ability to use aerial photographic maps of complex shoreline detail not available on the USGS BSB charts. The review has several examples of the photographic maps with a tracks and routes made on the Homosassa River in 1996 with a Garmin G-45 superimposed on them. Vista (v. 1.21) by RMS Technologies (199): This program can display and record real time GPS tracks on scanned raster maps, Vista Flight Sectional raster maps (99 extra for each half of the USA), and Vista street vector maps. It works with any NMEA 183 GPS output, including the Magellan. The tracks recorded by Vista can be played back in seconds. Vista can show a vector map, a flight sectional, and a terrain profile at the same time (Included with Vista is the geological elevation data for the whole USA to a resolution of 3,000 horizontal and 100 vertical.) Thus the terrain profile between any two points in the USA or that in front of the direction of travel can be displayed in a small box. Vista vector and raster maps can be installed on the hard drive one square degree of LatLong at a time to eliminate the need of a CD ROM. Vista maps CANNOT be printed. In order to display Garmin Waypoints, Routes, and Tracks on the Vista maps as Overlays, one must purchase the Garmin program PCX5 (75) and obtain GARMIN. EXE (free) from the URL above. (Note: PCX5 has been discontinued.) GPSS Moving Map by Robin Lovelock of Sunninghill Systems: GPSS is now running in 115 countries, and you may download the software, and over 1 GBytes of mapping for these countries from the web site. You may also download sound files to make it speak Japanese, Russian, Italian and other languages in addition to English. GPSS is issued free to the public as a means of contacting businesses around the world who supply it in large quantity, or use it for more specialized remote tracking applications such as radio, cellphone, OrbComm and Inmarsat-C satellite communications. The free USA maps provide displays of the major highways and street-level detail in limited parts of the USA and Europe in response to e-mailed requests from GPS users as follows: Support is provided for the street level mapping off the Microsoft Streets and Trips CDROM within USA, and AutoRoute Express 2000 CDROMs within Europe. The program supports a verbal command package for computer control as you drive along, but this is from another supplier at 50US. Software support for the US Tiger data is available from the web site. The audio output tells you where you are about every two minutes. This is really interesting for awhile, but annoying as time passes. There is no way to adjust the announce interval, but you can turn the audio on your computer off. Commentary . Some map programs have serious limitations: The map accuracy of Street Atlas 8 amp 9 was improved over 6 amp 7, but only is some parts of the country where it is now worse. Street Atlas 2003 has a new and very difficult user interface. Street Atlas cannot download waypoints from any Garmin receiver that uses 10-character waypoint names. - And it still cannot download routes from the Garmins with LINES drawn between routepoints. Street Atlas can show real time GPS tracks, but erases the track plot when the map re-centers. The only production Garmin unit that can simulate moving from a keyed-in position is the G-12XL, which makes the unit useful for evaluating map software function and accuracy. The Lowrance GM-100 can also simulate a keyed-in position and movement. The Garmin eTrex series cannot do waypoint averaging. The Garmin GPSmap 76 series are very versatile receivers except, the green-cast screen is not as easy to read as others. For the record . We have personally evaluated, to the best of our ability, all of the hardware and software mentioned, except as noted, and have no connection, financial or otherwise, to any of the manufacturers of the above hardware or software. If you have any comments, additionscorrections, or to request a review of your PC mapping software or hardware, please let us know via Email below or by fax: Joe Mehaffey. W2JO (770) 886-1767 Jack Yeazel. N4TEB Thanks, and good navigating (c) 1997- 2009. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment